Berita dan Informasi

Fitch Afirmasi Peringkat Bank Sulutgo A Outlook Stabil

Fitch Afirmasi Peringkat Bank Sulutgo A Outlook Stabil

Fitch Afirmasi Peringkat Bank Sulutgo A Outlook Stabil

JAKARTA – Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank Sulutgo) di ‘A(idn)’. Outlook adalah Stabil. Berdasarkan surat Fitch Rating tertanggal 27 Agustsu 2024 No.160/DIR/RATLTR/VIII/2024

Fitch Ratings merupakan agency rating terkemuka yang kinerjanya adalah mengevaluasi instrumen utang seperti obligasi berdasarkan stabilitas keuangan perusahaan atau badan pemerintah. Rating ini adalah salah satu komponen penentu yang memberikan rasio kemungkinan akan suatu badan penerbit untuk mampu atau gagal membayar obligasinya.

Fitch juga telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Pendek di ‘F1+(idn)’ dan peringkat atas utang senior dengan jaminan di ‘A(idn)’.

“Peringkat Nasional ‘A’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama,” tulis Fitch dalam keterangan resmi dikutip, Selasa, 3 September 2024.

Peringkat Nasional Jangka Pendek ‘F1’ menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Berdasarkan skala Peringkat Nasional dari Fitch, peringkat ini ditetapkan terhadap risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara atau serikat moneter yang sama. Untuk profil likuiditas yang tergolong kuat, “+” ditambahkan ke peringkat yang ditetapkan.

Fitch menarik peringkat tingkat utang senior tanpa jaminan Bank Sulutgo karena dianggap tidak lagi relevan dengan cakupan pemeringkatan Fitch karena bank tidak menerbitkan utang dari kelas utang ini.

Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Sulutgo didukung oleh dukungan pemerintah dan profil kredit standalone. Peringkat ini mencerminkan ekspektasi Fitch terhadap kemungkinan yang sangat kecil untuk dukungan luar biasa dari pemerintah Indonesia (BBB/Stabil) jika diperlukan. “Hal ini didorong oleh peran penting yang dimainkan oleh bank dalam perekonomian dan pemerintah provinsi asalnya, diimbangi dengan skala kecil dan kepentingan sistemik yang rendah di tingkat nasional.”

Profil kredit standalone Bank Sulutgo menyangga peringkatnya dan mencerminkan profitabilitas dan kualitas aset yang memadai. Hal ini menunjukan bhwa BSG dinilai oleh agency independen mampu beroperasi dengan performa keuangan yang sehat