Berita dan Informasi

Bank Indonesia Gelar Urban Economy Digifest 2024 di Manado

Bank Indonesia Gelar Urban Economy Digifest 2024 di Manado

Manado, 19 Juli 2024 - Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Urban Economy Digifest 2024 dengan tema "Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan" pada tanggal 19-20 Juli 2024 di Hotel Four Points Manado. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pejabat pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat umum.

Sebelum acara puncak pada 19-20 Juli ini, telah dilakukan serangkaian kegiatan sejak bulan Juni, di antaranya:
- Pameran UMKM bekerja sama dengan Pemkab Minut dan Pemkot Manado, pelatihan pengembangan wiraswata bekerja sama dengan Dekranasda Sulut.
- Business matching pembiayaan UMKM bekerja sama dengan OJK dan perbankan,
- Business matching kemitraan UMKM bekerja sama dengan perusahaan ritel Freshmart, Golden, Jumbo, Indomaret, Indogrosir dan Alfamart.
- Sosialisasi legalitas usaha bekerja sama dengan DPMPTSP dan Kemenkumham,
- Pengembangan desa wisata bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Bitung dan Minut,
- Pembuatan buku wisata (e-book) bawah laut ‘Underwater Paradise of North Sulawesi’ bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan diving center se-Sulut,
- serta rangkaian kegiatan lomba untuk memeriahkan acara tersebut.

Urban Economy Digifest 2024 merupakan wujud komitmen Bank Indonesia dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan digital di Sulawesi Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital di masyarakat
  • Memperkuat sinergi antara Bank Indonesia, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan digital
  • Membuka peluang usaha baru dan meningkatkan daya saing UMKM melalui digitalisasi
  • Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sulawesi Utara


dan Pada acara puncak Urban Economy Digifest dilakukan selebrasi dan harvesting hasil sinergi Bank Indonesia bersama pemerintah dan stakeholders terkait, berupa:

  1. Penandatanganan MoU Kemitraan UMKM dan Ritel
  2. Penandatanganan MoU Sinergi perluasan aplikasi penyusunan laporan keuangan UMKM melalui SIAPIK (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) bersama Perguruan Tinggi
  3. Penandatanganan Komitmen Percepatan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah oleh 16 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulut
  4. Penandatanganan Komitmen Opsen Pajak Kendaraan Bermotor oleh 16 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulut
  5. Penyerahan Simbolis Pilot Project Program Pengembangan Desa Wisata Kahuku dan Batuputih Bawah oleh Kemenparekraf
  6. Penyerahan Simbolis Legalitas UMKM kepada PT. Perorangan dan HAKI oleh Kemenkumham
  7. Penyerahan Simbolis Pilot Project Program Hilirisasi UMKM oleh Bank Indonesia
  8. Penyerahan Simbolis Legalitas UMKM oleh Gubernur Sulawesi Utara
  9. Penyerahan Simbolis KUR UMKM oleh Pimpinan Bank Mandiri
  10. Launching 360º Virtual Tour Kota Manado yang mempromosikan spot destinasi wisata Kota Manado secara virtual pada web http://360.manadokota.go.id/
  11. Launching Buku “Underwater Paradise of North Sulawesi” yang mempromosikan pesona Bahari Sulawesi Utara serta
  12. Talkshow Ekonomi dan Keuangan Digital bertema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” dengan narasumber dari Kemenparekraf, Bank Indonesia, Bank Mandiri dan creativepreneur.
  13. Peragaan Busana Wastra Unggulan Sulut juga menjadi bagian dari puncak Urban Economy Digifest. Peragaan busana ini menjadi ajang showcasing busana kreatif dan inovatif hasil pengembangan UMKM Wastra Sulut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut, Andry Prasmuko, dalam sambutannya mengatakan bahwa Urban Economy Digifest 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempercepat digitalisasi ekonomi dan keuangan di Sulawesi Utara.

“Urban Economy Digifest Sulut 2024 juga bertujuan mengakselerasi pengembangan sektor prioritas berdaya saing seperti UMKM berorientasi ekspor, sektor pariwisata dan komoditas unggulan lain dengan sentuhan digitalisasi,” tutur Kepala Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko

Pada kegiatan ini dilaksanakan juga Implementasi KKPD Provinsi Sulawesi Utara,  Launching KKPD Kabupaten Minahasa Utara dan Penyerahan Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), oleh Direktur Utama Bank SulutGo, Revino M. Pepah. 

Hadir dalam kegiatan ini  diantaranya Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI, Sekprov Sulut Steve Kepel, Ketua Dekranasda Sulut Ir. Rita Tamuntuan, Para Sekretaris Daerah, dan undangan lainnya.