Berita dan Informasi

Sulut Jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional BPD-SI

Sulut Jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional BPD-SI

Bank SulutGo jadi tuan rumah Pertemuan Nasional Bank Pembangunan Daerah (BPD) Seluruh Indonesia, Kamis (22/2/2018) di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara.
Pertemuan ini diikuti oleh seluruh 26 BPD Seluruh Indonesia.

Ketua Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Indonesia Kresno Sediarsi mengatakan pertemuan ini selain membahas kontribusi dan peran BPD setiap daerah, event ini juga merupakan bagian dari silaturahmi bagi para BPD seluruh Indonesia. 

Dikatakannya, dengan tidak lepas dari tugas bank untuk tetap melaksanakan tugas utama yaitu bisnis untuk mendapatkan profit secara komersial.

Asbanda, dalam rangkaian seminar yang dilaksanakan di Hotel Peninsula, meluncurkan buku pedoman perusahaan terkait tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dan human capital. Oleh karena itu, dia berharap agar seluruh BPD menerapkan pedoman tersebut.

Selain itu, Asbanda meluncurkan logo dan tagline bersama yang merupakan identitas bersama BPD se-Indonesia. Logo bersama itu merepresentasikan bahwa BPD adalah satu grup meskipun operasionalnya dijalankan masing-masing.

Di sisi lain, untuk mendukung transformasi BPD di era digital, Asbanda juga meluncurkan BPD One sebagai integrasi switching BPD yang diikuti oleh sejumlah BPD antara lain Bank DKI, Bank BJB, Bank Riaukepri, Bank SulutGo, Bank BPD Bali, dan Bank Sulselbar
.
Asbanda menargetkan BPD One diikuti oleh BPD seluruh Indonesia selambat-lambatnya Desember tahun ini.

"Sebentar akan ada pengundian Simpeda bagi nasabah. Tujuannya untuk memberikan ritensi atau menarik nasabah untuk menyimpan uang di tabungan Simpeda serta memperbaiki kompetensi usaha mikro yang sudah dijalankan secara bertahap," ungkapnya.

Ditambahkanya, saat ini Asbanda pun telah mendapat dukungan dari asosiasi bank daerah di Jerman.

Nantinya akan dimanfaatkan untuk pengembangan kompetensi BPD seluruh Indonesia.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng menambahkan, ajang penarikan undian ini merupakan ajang menyukseskan program pemerintah Sulawesi Utara sebagai destinasi meetings, incentives, conventions, and events (MICE) sekaligus sebagai upaya pencapaian target Kementerian Pariwisata sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan manca negara dan 275 pergerakan wisata Nusantara pada 2019.

Pada Mei 2017, lanjutnya, Bank SulutGo juga menjadi penyelenggara FKDKP, Forum Komunikasi Komisaris BPD se-Indonesia. Oleh karena itu, dengan penarikan undian tersebut, lengkaplah penyelenggaraan BPDSI di Sulawesi Utara.